Pamor Udan Mas

Pamor Udan Mas



Pamor Udan Mas salah satu pamor keris yang sangat populer dan paling banyak diminati oleh Pecinta Keris.
Pola pamor udan mas ini berupa bulatan-bulatan bersusun yang tersebar dihampir seluruh bilah keris, mulai dari sor-soran hingga ke ujung bilah.
Biasanya bulatan-bulatan pamor tersebut terselip di dalam pamor Wos wuntah, sebagian ada juga yang terpisah dari pamor lain, hanya dibagian sor-sorannya saja yang terselip dipamor lainnya.

Pamor Udan Mas menjadi sanagat terkenal dan banyak diminati para Pecinta Keris karena dianggap memiliki tuah yang dapat membuat pemiliknya menjadi " kaya raya".
Anggapan ini tidaklah terlalu tepat, karena menurut para Ahli Tajeg, tuah atau angsar motif pamor Udan Mas adalah untuk memudahkan pemiliknya mendapatkan rejeki, mencegah sifat boros, serta membuat pemiliknya luwes dalam pergaulan di masyarakat.
Karena kepercayaan itulah, maka pamor udan mas banyak diminati oleh pedagang dan pengusaha.
Jaman sekarang, bukan hanya pedagang dan pengusaha saja yang minat dengan pamor udan mas, melainkan dari berbagai kalangan, pegawai pemerintah dan swasta, ABRI dan Polisi, juga kaum petani banyak yang memburu pamor ini.

Dikalangan pecinta keris pusaka, menganggap bahwa pamor udan mas yang paling baik adalah tangguh PAJAJARAN, kemudian tangguh TUBAN.
Sangat perlu diperhatikan, walaupun memiliki keris pamor udan mas tidak menjamin anda menjadi orang yang kaya raya, melainkan TUHAN lah yang memberkati kekayaan atas usaha yang telah kita lakukan.

Dari segi cara pembuatannya, pamor udan mas tergolong pamor mlumah dan pamor rekan.
Secara fungsi termasuk kedalam golongan pamor yang tidak pemilih, artinya siapa saja boleh memiliki keris atau tosan aji lainnya yang berpamor udan mas.

Pada sekitar tahun 1930-an, yang disebut pamor Udan Mas harus merupakan pamor tiban , bukan pamor rekan. Bila letak bulatannya tersusun rapi dan garis-garis lingkarannya tersusun rapi maka itu dianggap bukan pamor udan mas asli melainkan hanya pamor udan mas tiruan .
Oleh sebab itu, pamor yang dianggap asli pamor udan mas pada saat itu adalah pamor yang jaman sekarang disebut pamor tetesing warih / banyu tetes, mrutu sewu, dan sisik sewu.

Sejalan dengan perkembangan jaman dan pengetahuan Tosan Aji, anggapan pamor udan mas hanyalah yang berpamor tiban mulai disisihkan. Maka jaman sekarang muncullah berbagai macam pola pamor udan mas yang tersusun rapi dan indah dipandang, bahkan muncul juga keris berluk yang berpamor udan mas, bukan hanya bentuk keris lurus saja.







(Sumber : Buku Pamor Keris dan Buku Ensiklopedi Keris)

Belum ada Komentar untuk "Pamor Udan Mas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel